Home > News > Bersatu Demi Kualitas Publikasi yang Lebih Baik, ETFLIN dan Universitas Mulawarman Resmi Berkolaborasi

en

Bersatu Demi Kualitas Publikasi yang Lebih Baik, ETFLIN dan Universitas Mulawarman Resmi Berkolaborasi


ETFLIN dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman resmi menjalin kerja sama strategis. Kolaborasi ini mencakup berbagai bidang, mulai dari pertukaran pelajar hingga penelitian bersama. Keduanya berkomitmen untuk mendorong kemajuan pendidikan dan riset di bidang kelautan.

Abd. Kakhar Umar
Sunday, 15 September 2024

Bersatu Demi Kualitas Publikasi yang Lebih Baik, ETFLIN dan Universitas Mulawarman Resmi Berkolaborasi

Gambar original oleh ETFLIN

Pada Senin, 19 Agustus 2024, ETFLIN, yang dipimpin oleh CEO Abd. Kakhar Umar dan didampingi oleh CDLO Bachtiar Rivai, telah mengadakan pertemuan virtual dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman. Rapat tersebut dihadiri oleh Dekan, Prof. Dr. Ir. Komsanah Sukarti, M.P., beserta jajarannya, yaitu Assist. Prof. Dr. Adi Susanto, S.Pi., M.Si., Putri Anugerah, S.Pi., M.P., dan Ricko Reynalta, S.Pi., M.Si. Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak mendiskusikan secara mendalam mengenai poin-poin penting yang akan menjadi dasar kerja sama yang akan dijalin.

Dalam pertemuan itu, Abd. Kakhar Umar memaparkan program afiliasi dari ETFLIN dan mengajukan Aquatic Life Sciences sebagai jurnal terafiliasi FPIK UNMUL. Usulan ini disambut positif oleh Ibu Dekan Prof. Komsanah yang menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal yang baik bagi kedua belah pihak dan dapat menjadi motivasi bagi para dosen untuk meningkatkan kualitas jurnal internal FPIK UNMUL.

Terdapat beberapa poin lain yang juga merupakan kegiatan kerjasama kunci seperti pertukaran dan program magang mahasiswa di ETFLIN, pelatihan mahasiswa dan dosen, penelitian dan publikasi bersama, konferensi lokal dan internasional, hingga pengabdian masyarakat. Sebagai anggota United Nation Global Compact (UNGC) dan SDGs Publisher Compact, ETFLIN juga mengusulkan 10 Prinsip dan 17 SDGs dari UNGC sebagai landasan dan tema kerjasama yang akan dirincikan ke depan.

Sebagai luaran kedua dari kerjasama ini, ETFLIN, Sechenov University, dan FPIK UNMUL telah mengadakan konferensi internasional melalui Pharmaceutical Advancement Forum, yang dihadiri oleh 45 institusi internasional dari 9 negara. Salah satu dosen FPIK UNMUL, Dr. Dewi Embong Bulan S.Kel., M.P., berperan sebagai juri untuk bidang Biotechnology. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pembicara tamu terhormat dari Universitas Brawijaya, Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof. Dr. Sc. Asep Awaludin Prihanto, S.Pi., MP. dan Prof. Elena Bakhrushina, Ph.D. dari Sechenov University.

Sebagai penutup, CEO ETFLIN menyampaikan bahwa kerja sama ini akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak, mendorong kemajuan pendidikan, serta meningkatkan reputasi internasional. Ia juga menambahkan bahwa sumber daya perikanan dan kelautan juga sangat penting untuk dikelola dan dimanfaatkan, termasuk dalam dunia medis. Ini dapat menjadi topik penting dalam penelitian kolaborasi ETFLIN dan FPIK UNMUL.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai update dari kegiatan kerjasama ini, silahkan kunjungi website ETFLIN dan FPIK UNMUL.

Tags:

Pharmaceutical Advancement Forum SDGs Publisher Compact Kerjasama ETFLIN FPIK UNMUL Aquatic Life Sciences

We Revolutionize Sciences, We Publish Sciences, We Are Scientist

ETFLIN

Become our peer-reviewer

Join us in shaping the future of scholarly research and making a meaningful contribution to academia.

Newsletter

Receive any update from us

Connect with us

Please reach us on our social media below.
ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social
© 2015 - 2024 ETFLIN (Palu, Indonesia)