Home > News > Ikan zebrafish mampu meregenerasi ligamen sepenuhnya

id

Ikan zebrafish mampu meregenerasi ligamen sepenuhnya


Ikan Zebrafish tidak hanya cantik, tapi juga hebat dalam hal regenerasi! Para peneliti baru-baru ini mengungkap bahwa ikan kecil ini memiliki kemampuan luar biasa untuk meregenerasi ligamen mereka sepenuhnya dalam waktu satu bulan.

Abd. Kakhar Umar
Tuesday, 19 September 2023

Ikan zebrafish mampu meregenerasi ligamen sepenuhnya

ETFLIN original image generated by AI

Ikan Zebrafish, makhluk kecil yang dikenal karena corak garis-garis cantiknya, ternyata memiliki rahasia hebat di balik tubuhnya. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa ikan ini memiliki kemampuan luar biasa untuk meregenerasi ligamen mereka secara penuh hanya dalam satu bulan.

Penelitian ini merupakan terobosan signifikan karena mengungkapkan bahwa sel-sel ligamen dewasa pada ikan zebrafish dapat mengalami dediferensiasi, artinya mereka dapat "mengubah jati diri" dan kembali ke tahap sel belum terkhusus. Setelah dediferensiasi, sel-sel ini kemudian memulai proses proliferasi atau pembelahan sel, membentuk ligamen baru yang sepenuhnya terintegrasi.

Temuan ini membuka jalan untuk menggali lebih dalam mengenai proses regeneratif pada ikan zebrafish dan menerapkannya dalam pengobatan manusia. "Ini adalah tonggak penting dalam pemahaman kita tentang regenerasi jaringan," kata Dr. Troy Anderson dkk dalam tulisannya, salah satu peneliti utama dalam penelitian ini. "Temuan ini jadi contoh bagaimana 'komunikasi' antara sistem kekebalan tubuh dan mesenkimal bisa membuat ligamen beregenerasi tanpa bekas."

Para ilmuwan juga mengidentifikasi peran penting sistem kekebalan tubuh dan komposisi matriks ekstraseluler dalam proses regenerasi ligamen ini. Protein kunci yang disebut Legumain, yang dihasilkan oleh makrofag, terbukti memainkan peran vital dalam merombak matriks ekstraseluler dan memfasilitasi proses regeneratif.

Dengan temuan menakjubkan ini, ilmu pengetahuan telah membuka lembaran baru untuk mengembangkan terapi penyembuhan cedera ligamen pada manusia. Sebuah masa depan di mana cedera ligamen tidak lagi menjadi masalah, khususnya dalam dunia olahraga, berkat inspirasi dari ikan zebrafish yang mengagumkan.

Artikel ini dibuat dari studi riset: 
Anderson, T., Mo, J., Gagarin, E. et al. Ligament injury in adult zebrafish triggers ECM remodeling and cell dedifferentiation for scar-free regeneration. npj Regen Med 8, 51 (2023). https://doi.org/10.1038/s41536-023-00329-9

Tags:

Ikan zebrafish regenerasi ligamen jaringan penghubung penemuan baru regenerasi tanpa bekas sistem kekebalan tubuh molekuler dan seluler kesehatan tulang dan sendi perkembangan medis terapi cedera ligamen

We Computerize Sciences, We Publish Sciences, We Are Scientist

ETFLIN

Become our peer-reviewer

Join us in shaping the future of scholarly research and making a meaningful contribution to academia.

Newsletter

Receive any update from us

Connect with us

Please reach us on our social media below.
ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social ETFLIN Social
© 2015 - 2024 ETFLIN (Palu, Indonesia)